74 Orang Penghuni Lapas Idi ‘Dirumahkan’

acehbaru.com | Aceh Timur – Sedikitnya 74 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B, Idi kabupaten Aceh Timur diberikan Asimilasi Jum’at, 03 April 2020. Tujuannya untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona.

“Harapan kami untuk warga binaan yang mengikuti Progam Asimilasi untuk berkomitmen tetap tinggal dirumah ini bertujuan untuk berantisipasi penyebaran virus Corona,”Ujar Kalapas Kelas II B Idi Aceh Timur Eka Priyatna, Bclp Ssos MSi.

Warga binaan yang memenuhi syarat untuk mengikuti Program Asimilasi jumlahnya 74 orang rentang waktu dari tanggal 01 sampai 07 April 2020. Dari 74 tersebut di berikan progam asimilasi secara bertahap. “Telah menjalani program kemarin tahap pertama tanggal 2 April 2020 iyalah berjumlah 24 warga binaan dan 03 april 50 orang warga binaan berjumlah 74 warga binaan yang masuk dalam program ini dan sudah memenuhi ketentuan administratif,” tambahnya

Warga binaan yang menjalani Asimilasi di rumah. Mareka terlebih dahulu memenuhi persyaratan Adminisaratif dan Substantif berdasarkan Peraturan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia RI Nomor : 10 tahun 2020.

“Warga binaan yang mendapatkan Program Asimilasi di Rumah akan di pantau oleh Balai Pemasyarakatan (BAPAS) selama menjalani Program sehinga jangan sampai menjadi masalah di kampung nantinya”

Program Asimilasi adalah Proses pembinaan narapidana dan anak didik pemasyarakatan yang dilaksanakan dengan membaurkan narapidana dan anak didik pemasyarakatan dalam kehidupan masyarakat.

Saat inipenghuni Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Idi Aceh Timur yang ideal kapasitas menampung 68 warga binaan, namun faktanya dihuni oleh 471 orang warga binaan, bila dikurangi 74 orang yang tercatat dalam program Asimilasi, jumlah yang tersisa adalah 397 orang. (ren/tjo)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn

Berita Terkait