3 Jenis Alat Uji Sampel Covid-19 dari China | Foto BNPB

Ini 3 Jenis Alat Uji Sampel Covid-19 dari China

acehbaru.com | Jakarta – Tiga jenis peralatan uji sampel Covid-19 tiba di Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang pada Sabtu pagi 25 April 2020. Peralatan tersebut didatangkan dari China.

BNPB dan Balitbang Kementerian Kesehatan langsung mendistribusikan peralatan uji sampel tersebut ke BPBD DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Dia mengatakan, ketiga komponen tersebut sangat membantu untuk mengidentifikasi secara cepat kasus virus Corona atau Covid-19. Ketiga komponen itu juga memiliki kegunaan yang saling berkaitan.

“Kit Viral RNA Isolation merupakan kit ekstraksi RNA. Alat ini digunakan untuk membuat RNA virus dapat diamplifikasi,” ucap Agus.

Kemudian, Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction atau reagen RT-PCR digunakan untuk mengetahui adanya virus SARS-CoV-2 pada sampel yang diambil dari pasien. Peralatan ketiga yakni Viral Transport Medium sebagai media pemindahan sampel setelah dilakukan swab. Swab merupakan sampel lendir atau dahak yang diambil dari hidung atau tenggorokan.

“Pengadaan kit RT-PCR ini diharapkan untuk mencapai target pengujian sampel swab sebanyak 10.000 per hari,” kata dia.

Untuk diketahui, data uji PCR per 25 April 2020 mencatat jumlah spesimen yang diperiksa sebanyak 67,828 spesimen. Jumlah tersebut merupakan spesimen yang diperiksa terhitung sejak 1 April 2020. Dari jumlah tersebut, satu kasus dapat dilakukan lebih dari satu kali pengambilan sampel dengan lebih dari satu jenis spesimen

Juru bicara penanggulangan covid-19 Achmad Yurianto mengungkapkan, data terkini jumlah pasien sembuh dari infeksi Corona terus bertambah. Hingga hari ini, Sabtu (25/4/2020) jumlah pasien sembuh bertambah 40 orang menjadi 1.042 orang.

“Akumulasi sembuhh bertambah 40 sehingga akumulasinya menjadi 1.042 orang,” kata Yurianto dalam keterangan soal update kasus Corona di Gedung BNPB, Jakarta, Sabtu (25/4/2020).

Selain itu, lanjut dia, jumlah angka pasien yang positif covid-19 juga mengalami peningkatan. Saat ini, angkanya mencapai 8.607 orang.

Untuk jumlah pasien yang meninggal akibat covid-19 naik menjadi 720 orang hingga hari ini.

Data update pasien Corona ini tercatat sejak pukul 12.00 WIB, Jumat 24 April 2020 hingga hari ini pukul 12.00 WIB. (liputan6.com/ren)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn

Berita Terkait