Foto: Jasad WNI ABK China Dibuang ke Laut (Screenshot youtube MBCNEWS)

4 Tewas, Pemerintah Pulangkan 14 WNI Jadi ABK di Kapal China

acehbaru.com | Jakarta- Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi buka suara atas tindak lanjut Anak Buah Kapal (ABK) Indonesia yang bekerja di kapal berbendera Tiongkok. Retno mengatakan bahwa para ABK Indonesia yang berada di Busan segera dipulangkan ke Tanah Air.

“Terkait penanganan awak kapal yang masih di Busan jadi ada 15 ABK yaitu 14 ABK ditambah 1 yang meninggal. Langkah-langkah yaitu memfasilitasi kepulangan ABK yaitu 8 Mei 2020,” kata Retno dalam Virtual Confrence, Kamis (7/5/2020).

Tidak hanya itu, KBRI juga berkoordinasi untuk memfasilitasi almarhum E di tanggal yang sama. Sementara itu, ada beberapa langkah untuk penyelidikan Long Xing dan Tian Yu.

KBRI Seoul juga sedang mendampingi 14 ABK WNI di Busan untuk mengambil keterangan. Kementerian Luar Negeri juga sedang melakukan pembicaraan dengan Dubes Tiongkok di Jakarta untuk menyampaikan keprihatinan pemerintah Indonesia atas permasalahan ABK WNI di kapal Tiongkok.

Adapun 3 pesan utama yang disampaikan Kemlu adalah:

1.Terkait dengan pelarungan atau penguburan di laut atas 3 crew Indonesia. Pemerintah Indonesia kembali meminta klarifikasi dan mendapatkan informasi yang valid apakah penguburan tersebut sudah dilakukan sesuai standar ILO.

2.Pemerintah Indonesia menyampaikan keprihatinan atas kondisi kehidupan di kapal yang tidak sesuai dan dicurigai menyebabkan kematian 4 ABK WNI

3.Meminta dukungan pemerintah Tiongkok untuk membantu pemenuhan tanggungjawab perusahaan atas hak awak kapal Indonesia termasuk pembayaran gaji yang belum dibayarkan dan juga kondisi kerja yang aman. (ren/cnbcindonesia)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn

Berita Terkait