Ketua DPD Apdesi Provinsi Aceh, Muksalmina

DPD Apdesi Sambut Positif Saran Plt Gubernur Aceh, Ini Rencananya

acehbaru.com | Aceh Utara – Pengurus DPD Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Provinsi Aceh, menyambut baik harapan Plt Gubernur Aceh yang menginginkan adanya pembinaan dan pemberdayaan perangkat gampong (desa).

“Tentunya ke depan DPD beserta DPC Apdesi di seluruh Aceh akan bekerja sama untuk memastikan upaya penguatan kapasitas aparatur gampong dengan bertumpu pada indikator yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Dalam Negeri,” kata Ketua Apdesi Aceh, Muksalmina kepada acehbaru.com, Sabtu, 11 Juli 2020.

Ia menambahkan, Apdesi Aceh, memang hingga saat ini hanya memiliki 2 orang tenaga pelatih yang sudah tersertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Nasional (BNSP), sementara dalam tahun ini, pihaknya berencana akan memfasilitasi sertifikasi minimal 1 orang/kabupaten, optimalnya 5 orang tenaga baru.

“Sudah saatnya seluruh kelembagaan Apdesi terlibat aktif dalam berbagai kegiatan pelatihan aparatur gampong yang dipakukan secara mandiri dan dibiayai oleh APBG (Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong), di mana selama ini dikelola oleh pihak ketiga, dengan sangat minim keterlibatan langsung pengurus Apdesi sesuai struktural,” ujar Muksalmina.

“Sehingga hal tersebut sangat sulit untuk memastikan indikator keberhasilan penguatan kapasitas,” tambahnya.

Oleh karena itu, pihaknya akan segera menginstruksikan kepada seluruh DPC Apdesi di seluruh Aceh untuk terlibat aktif memberikan masukan langsung kepada penyelenggara atau dikoordinir langsung oleh kelembagaan Apdesi dengan payung hukum kerja sama antar-gampong, khususnya terkait penguatan kapasitas.

“Kita sangat membutuhkan kerja sama dari semua pihak dan bahu-membahu dalam mendorong dan memperkuat kapasitas pengelolaan pemerintahan gampong, sehingga upaya-upaya tersebut yang selama ini sudah kita lakukan, akan lebih efektif serta dapat diimplementasikan dalam kerja-kerja administrasi pemerintah gampong,” ucap Muksalmina.

Sebagaimana diketahui, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menerima kunjungan pengurus DPD Apdesi Provinsi Aceh di Rumah Dinas Wakil Gubernur, di Banda Aceh pada Jum’at, 10 Juli 2020.

Mengutip dari situs humas.acehprov.go.id, Nova menyarankan agar pengurus DPD Apdesi memberikan pendampingan dan pelatihan kepada perangkat gampong, sehingga mereka mempunyai kapasitas yang memadai untuk memajukan gampong melalui pengelolaan dana desa yang diberikan pemerintah.

“Saya lebih banyak berharap Apdesi ini bergerak di bidang pembinaan dan pemberdayaan kemampuan aparatur desa, sehingga dana yang ada bisa optimal dimanfaatkan,” kata Nova. (azm)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn

Berita Terkait

iconBerita POPULER

iconBerita TERBARU

6 Views