Panwaslih Aceh Berangkatkan 9 Peserta SKPP Daring Untuk Belajar Pemilu di Bogor
Panwaslih Aceh Berangkatkan 9 Peserta SKPP Daring Untuk Belajar Pemilu di Bogor

Panwaslih Aceh Berangkatkan 9 Peserta SKPP Daring Untuk Belajar Pemilu di Bogor

acehbaru.com | Banda Aceh – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Provinsi Aceh mengirimkan 9 peserta Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) Daring tahun 2020  untuk mengikuti pendidikan tentang kepemiluan yang diadakan Bawaslu Republik Indonesia di Bogor, Jawa Barat, Minggu, 4 Oktober 2020. Peserta tersebut adalah pilihan dari 23 Panwaslih Kabupaten/Kota di Aceh.

Marini Kordiv Pengawasan Panwaslih Aceh
Marini Kordiv Pengawasan Panwaslih Aceh

“Peserta terpilih berdasarkan nilai dari hasil pendidikan Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) Daring yang diselenggarakan Bawaslu RI pada pertengahan April lalu. Untuk Aceh prestasi besar, sebanyak 755 orang yang ikut,laki-laki 519 orang, perempuan 236 orang ikut dalam pendidikan tersebut, namun kali ini hanya 9 orang yang mendapatkan kesempatan mengikuti pendidikan lanjutan,”kata Marini Koordinator Divisi Pengawasan Panwaslih Provinsi Aceh

Mereka juga bacaini

Marini menambahkan para peserta disana akan bergabung dengan peserta dari Provinsi lain, mereka akan mendapatkan pendidikan diantaranya tentang pendidikan Karakter, Etika, Moralitas, Konstitusi dan Demokrasi, Sistem Politik, Pemerintahan dan Pemilu di Indonesia, Sistem Kepartaian, Penyelenggara pemilu, Pengawasan Pemilu, Kerawanan Pemilu, Tata kelola pemilu, Analisis kepemiluan, dan Penegakan Hukum Pemilu.

“Pendidikan ini sangat penting selain untuk mengetahui seluk beluk pengawasan Pemilu, juga ini bagian dari pengembangan pengawasan pemilu lebih bermasyarakat, karena Bawaslu memiliki tujuan untuk mengembangkan pengawasan partisipatif, dengan pengawasan Partisipatif  diharap kualitas pemilu semakin baik kedepan,”tambah Marini

Ke-sembilan peserta yang mengikuti pendidikan kepemiluan gelombang I angkatan ke III di Bogor dari Aceh, masing-masing, Murina Andria Fitri dari Panwaslih Kabupaten Aceh Tamiang, Nurmawan dari Kota Lhokseumawe, Muhammad Hidayat dari Aceh Utara, Affanul Hakim dari Bireuen, Dian Laily dari Pidie Jaya, Irham Rizki dari Kota Banda Aceh, M.Zikrullah dari Aceh Besar,Muliadi dari Aceh Jaya, dan Cut Putri Raitami dari Nagan Raya.

Sebagaimana diketahui pendidikan berlangsung di Chevilly Resort & Camp Bogor, Jawa Barat, dimulai sejak tanggal 5 s/d 19 Oktober mendatang. (ren)

Baca Juga :
Pengawas Pemilu Aceh Gelar Seminar Untuk Tegakkan Hukum Pemilu di Aceh
Panwaslih Aceh Tamiang Selenggarakan Sekolah Daring Pengawasan Partisipatif

 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn

Berita Terkait