Pesawat tempur TNI AU. Pesawat diketahui sebagai BAE Hawk 209 dengan nomor registrasi TT-0209. Foto Kompas.com

Pesawat Tempur TNI AU Jatuh di Riau, Pilot Selamat Dengan Kursi Lontar

acehbaru.com- Pesawat tempur TNI AU jatuh di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, pada Senin (15/6/2020) sekitar pukul 08.13 WIB. Menurut kesaksian warga, sebelum pesawat jatuh, terdengar suara ledakan dan api muncul di bagian belakang pesawat tempur jenis Hawk tipe TT. Sementara itu, belum ada keterangan resmi terkait jumlah korban dalam insiden tersebut. Namun, pilot pesawat selamat dan tengah menjalani perawatan di rumah sakit.

1. Pilot jatuh 30 meter dari lokasi pesawat Sementara itu, pilot pesawat sempat terlihat melontarkan diri dari kokpit dan dikabarkan selamat. “Alhamdulillah pilot selamat. Sekarang dirawat di rumah sakit Lanud Roesmin Nurjadin,” kata Kepala Penerangan Lanud Roesmin Nurjadin Letkol Sus M Zukri kepada Antara di Pekanbaru, Senin. Sementara itu, menurut warga, pilot yang diketahui bernama Lettu Pnb Aprianto Ismail jatuh di sekitar 30 meter dari lokasi pesawat.

Mereka juga bacaini

2. Jatuh di rumah kosong Dilansir dari KompasTV, salah satu warga bernama Dedi Sukisman mengaku mendengar suara ledakan lalu melihat pesawat menabrak atap rumah warga.

“Saat itu saya sedang kerja, lalu dengar ada ledakan dan saya lihat ke atas. Ternyata ada pesawat terbang rendah dan menabrak atap rumah warga,” katanya.

Menurut keterangan saksi mata lainnya, pesawat menabrak sebuah rumah yang biasanya kosong. “ Pesawat jatuh di rumah warga yang bernama Markun. Belum jelas apakah ada korban karena rumah itu biasanya kosong karena pemiliknya jarang di rumah,” kata seorang saksi mata kepada Antara yang tidak mau identitasnya disebutkan karena alasan keamanan.

3. Lokasi jatuh 5 kilometer dari Lanud Roesmin Nurjadin Lokasi jatuhnya pesawat diketahui 5 kilometer dari Lanud Roesmin Nurjadin. Hingga saat ini, petugas dari TNI AU dan pemadam kebakaran masih mencoba memadamkan api. Lokasi kejadian telah dipasang garis polisi. Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi terkait jatuhnya korban dari pihak warga. (Kompas.com)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn

Berita Terkait